Search This Blog

Tuesday, August 2, 2011

Beginilah Nasib Pengungsi Palestina di Irak

Beginilah Nasib Pengungsi Palestina di Irak

Selasa, 02/08/2011 05:46 WIB

Situasi keamanan di Irak yang tidak stabil sejak invasi AS menyebabkan jumlah pengungsi Palestina di Negeri 1001 Malam itu makin berkurang.

Sebelum invasi AS, jumlah pengungsi Palestina di Irak sekira 35.000 orang. Setelah invasi, jumlahnya menurun drastis menjadi 22.000 orang dan sekarang semakin jumlahnya semakin menyusut sekira 7.000 orang.

Meski jumlahnya makin berkurang, Duta Besar Palestina di Irak, Daleel Al-Qassous mengatakan, kondisi para pengungsi Palestina di Irak adalah yang terburuk dibandingkan kondisi pengungsi Palestina di negara lain.
Menurut Al-Qassous, para pengungsi Palestina sering mengalami serangan karena latar belakang mereka sebagai muslim Sunni dan karena dicurigai sebagai pendukung mantan penguasa Irak, Saddam Hussein.

Al-Qassous juga mengatakan, para pemimpin dari berbagai sekte di Irak sudah berusaha untuk meringankan kesulitan hidup para pengungsi Palestina. Ia juga secara pribadi sudah melakukan pertemuan dengan para pemuka Sunni dan Syiah di Irak dalam upaya menemukan solusi bagi krisis dan mengatasi serangan yang sering dialami para pengungsi Palestina di Irak.

"Saat ini, hanya ada 7.000 pengungsi Palestina di Irak. Mereka tinggal di kota At-Tweija, Al-Za'faraniya, Al-Doura dan Al-Hurriya. Para pengungsi itu hidup dalam kondisi yang sangat miskin karena biaya hidup yang tinggi dan tidak tersedianya lapangan pekerjaan," kata Al-Qassous.

PBB, tambah Al-Qassous, sudah memberikan bantuan bagi para pengungsi Palestina itu, tapi kondisi para pengungsi masih sangat menyedihkan. Para pengungsi, selain hidup dalam garis kemiskinan, juga menjadi target serangan sejak invasi AS ke Irak tahun 2003 yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan luka-luka. Ratusan pengungsi Palestina juga dilaporkan menjadi korban penculikan. (aisyah/im)

http://knrp.or.id/berita/aktual/beginilah-nasib-pengungsi-palestina-di-irak.htm

No comments:

Post a Comment