Search This Blog

Thursday, August 18, 2011

AS-Israel Penyebab Bencana Kelaparan Somalia?


Rabu, 17/08/2011 21:34 WIB

KNRP - Seorang pejabat senior militer Iran mengatakan bahwa kemiskinan, kelaparan dan ketidakamanan di Somalia sekarang ini sebagai hasil konspirasi AS dan Israel.

" AS dan Israel menyulut ketidakamanan dan kekacauan di Somalia serta mencegah pembentukan pemerintahan yang stabil di negara itu," kata Komandan Angkatan Basij Iran, Brigadir Jenderal Mohammad-Reza Naqdi, Rabu (17/8).

Somalia masih tanpa pemerintahan yang berfungsi sejak tahun 1991, ketika panglima perang menggulingkan diktator Mohamed Siad Barre di negara Afrika tersebut.

Brigjen Jenderal Naqdi menyatakan secara pasti bahwa Iran akan bergegas melakukan bantuan terhadap Somalia, yang berada di ambang kelaparan, demikian kantor berita Iran, IRNA melaporkan.
PBB telah memperingatkan bahwa lebih 13 dari 10.000 anak Somalia berada di zona kematian akibat bencana kelaparan di Somalia setiap harinya.

"Ini berarti bahwa 10 persen dari anak balita meninggal setiap 11 minggu. Angka-angka ini benar-benar menyayat hati," kata wakil PBB di Somalia, Agustinus Mahiga menyampaikan hal itu di Dewan Keamanan PBB Rabu lalu.

Kekeringan dan kelaparan telah mempengaruhi lebih dari 11,8 juta orang di seluruh Somalia, Kenya, dan Ethiopia. Somalia telah menjadi negara terparah dalam apa yang digambarkan sebagai kekeringan terburuk di negara Tanduk Afrika itu dalam 60 tahun.

Menurut PBB, diperkirakan bahwa seperempat dari penduduk Somalia yaitu 9,9 juta sekarang ini baik di dalam Somalia atau di luar Somalia bernasib sebagai pengungsi.

PBB telah menyatakan terjadinya kelaparan di lima wilayah di Somalia dan mengatakan bahwa respon kemanusiaan internasional terhadap krisis telah cukup.

Sebelumnya pada hari Rabu, Kepala Penyelamat dan Organisasi Bantuan dari Bulan Sabit Merah Iran, Mahmoud Masyarakat Mozaffar mengatakan kepada IRNA bahwa pesawat terbang yang dipenuhi bantuan IRCS ketiga telah dikirim ke Somalia.

Iran berencana untuk mengirimkan konvoi bantuan kemanusiaan keempat ke Somalia melalui laut dari kota pelabuhan Bandar Abbas yang terletak 1.563 kilometer (971 mil) selatan Teheran.(milyas/presstv)
 
http://knrp.or.id/berita/aktual/as-israel-penyebab-bencana-kelaparan-somalia.htm

No comments:

Post a Comment