Search This Blog

Thursday, August 18, 2011

299 Warga Palestina Masih Mendekam di Sel Israel lebih dari 20 Tahun

Rabu, 17/08/2011 21:57 WIB
KNRP - Data yang baru dirilis mengungkapkan tercatat 299 tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel telah mendekam lebih dari 20 tahun. Laporan itu mencuat di tengah laporan adanya kesepakatan pertukaran tahanan yang diinisiasi oleh Hamas.

Menurut biro statistik dari Kementerian Urusan Tahanan Palestina, 299 tahanan Palestina yang mendekam itu dipenjarakan sebelum Persetujuan Oslo, dan Tel Aviv menolak untuk melepaskan mereka setelah pembentukan Otoritas Palestina (PA), demikian menurut koresponden Press TV, Rabu hari ini.

Isu ini kembali mencuat sebagai babak baru pembicaraan tentang kesepakatan pertukaran tawanan antara Hamas dan pejabat Israel yang akan dimulai di ibukota Mesir, Kairo.

Kepala Biro Politik Hamas, Khaled Meshaal sudah tiba di Kairo pada hari Selasa kemarin bersama dengan delegasi untuk mendiskusikan kesepakatan pertukaran itu dengan mediasi pejabat keamanan Mesir, demikian menurut seorang pejabat senior keamanan Mesir.

Mesir telah menengahi pembicaraan antara Israel dan Hamas atas kesepakatan tahanan yang akan melihat peluang pembebasan prajurit Israel, Gilad Shalit yang ditangkap pada Juni 2006, dimana ia akan ditukar dengan hampir 1.000 warga Palestina yang ditahan di penjara Israel.

Negosiasi serius terakhir terkait pertukaran tahanan antara faksi Palestina yang menangkap Shalit dan Tel Aviv terjadi pada Desember 2009, tetapi tidak ada kesepakatan yang berhasil tercapai.

"Menurut faksi yang menangkap Gilad Shalit, dari saat itu di sudah ditangkap dimana mereka mengumumkan daftar ini dan daftar itu yang termasuk kelompok tahanan yang telah menghabiskan lebih dari 20 tahun di balik jeruji besi. Mereka adalah prioritas," kata Ketua Tahanan Palestina, Qadoura Fares.

Beberapa keluarga tahanan Palestina di penjara Israel lagi-lagi berharap bahwa perundingan di Kairo akan membuahkan hasil dan bahwa orang yang mereka cintai dapat kembali pulang.

"Kami selalu berharap dan berdoa kepada Allah. Mudah-mudahan, kali ini kesepakatan itu akan berhasil dan tahanan sebanyak mungkin akan dilepaskan," kata adik seorang tahanan Palestina, Abu Abdallah Shalbak.

Menurut laporan terbaru dari PA, 6.000 warga Palestina saat ini ditahan di penjara Israel, termasuk 219 yang ditahan tanpa ada tuduhan apapun. Dari warga Palestina yang ditahan tercatat 44 tahanan telah menghabiskan lebih dari seperempat abad di balik jeruji Israel.

Banyak warga Palestina yakin, bahwa baik perjanjian maupun tekanan internasional dapat melepaskan tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel, dan bahwa kebebasan para pejuang kemerdekaan dipenjara adalah tugas yang hanya dapat dicapai dengan perlawanan.(milyas/presstv)
 
http://knrp.or.id/berita/aktual/299-warga-palestina-masih-mendekam-di-sel-israel-lebih-dari-20-tahun.htm

No comments:

Post a Comment