Search This Blog

Tuesday, November 15, 2011

Tahun 2011, Serangan Pemukim Yahudi ke Palestina Meningkat 40 Persen

Senin, 14/11/2011 17:43 WIB

Kantor Kordinasi Bantuan Kemanusiaan PBB (OCHA) menyatakan, serangan yang dilakukan para pemukim Yahudi Israel terhadap warga Palestina meningkat 40 persen pada tahun ini dibandingkan tahun 2010.
Menurut laporan OCHA, sepanjang tahun 2011, serangan yang dilakukan pemukim Yahudi Israel menimbulkan korban di kalangan warga Palestina, diantaranya tiga orang gugur syahid termasuk dua anak-anak, dan 167 warga Palestina luka-luka. Serangan pemukim Yahudi juga menyebabkan kerusakan harta benda milik warga Palestina.

"Lebih dari 100 warga Palestina luka-luka akibat tindak kekerasan yang dilakukan tentara dan polisi Israel dalam bentrokan antara warga Palestina dengan pemukim Yahudi. Pemukim Yahudi juga mencabuti, merusak dan menghancurkan lebih dari 10.000 pohon zaitun, yang secara signifikan mempengaruhi kehidupan ratusan keluarga Palestina," demikian laporan OCHA untuk tahun 2011.

Aksi-aksi kriminal yang dilakukan pemukim Yahudi Israel, termasuk pengusiran dan perampasan rumah-rumah milik warga Palestina. Akibatnya, 127 warga Palestina terpaksa mengungsi dan dipaksa pindah dari kawasan A atau ke kawasan B di wilayah Tepi Barat.

Pendudukan Israel di wilayah Palestina di Tepi Barat membagi wilayah pendudukannya menjadi 3 kawasan. Kawasan A dan B, dan kawasan C yang berada di bawah kontrol pemukim Yahudi dan militer Israel secara penuh.

Warga Palestina sudah melaporkan aksi-aksi kekerasan dan serangan yang dilakukan oleh para pemukim Yahudi pada polisi Israel, tapi kepolisian Israel menutup lebih dari 90 persen kasus yang dilaporkan tanpa diproses secara hukum.

OCHA dalam laporannya menyebutkan, sekarang, lebih dari 80 perkampungan warga Palestina yang dihuni 250.000 warga Palestina rawan akan gangguan dan aksi-aksi kekerasan yang dilakukan oleh pemukim Yahudi. Dari jumlah itu, 76.000 warga Palestina merupakan menghadapi resiko tinggi menjadi target serangan dan tindak kriminal pemukim Yahudi.

Jumlah warga Palestina yang menjadi korban kebiadaban Israel besar kemungkinan lebih banyak dari laporan OCHA, karena OCHA hanya mencatat korban akibat serangan pemukim Yahudi dan belum termasuk warga Palestina yang menjadi korban kekerasan polisi dan militer Israel. (aisyah/im)



http://knrp.or.id/berita/aktual/tahun-2011-serangan-pemukim-yahudi-ke-palestina-meningkat-40-persen.htm

No comments:

Post a Comment