Search This Blog

Sunday, August 21, 2011

Aktivis Serukan Boikot Berlian Darah Israel


Minggu, 21/08/2011 00:35 WIB

KNRP - Seorang anggota kelompok pro-Palestina yang berbasis di Irlandia menyerukan larangan Israel atas 'berlian darah yang menguntungkan,' yang membantu mengipasi api perang internal di seluruh Afrika.

Sean Clinton, seorang anggota dewan Kampanye Solidaritas Palestina Irlandia, mengatakan kepada IRNA pada hari Jumat lalu bahwa Israel secara ilegal melakukan pembelian berlian yang diselundupkan dari Afrika dan setelah pemotonganberlian itu, lalu menjualnya dengan harga yang sangat tinggi di pasar internasional.

Menurut definisi PBB, "berlian darah" atau "konflik berlian" adalah berlian yang berasal dari kawasan yang dikendalikan oleh kekuatan atau faksi-faksi yang menentang pemerintah yang sah dan diakui secara internasional dan digunakan untuk mendanai aksi militer dalam oposisinya terhadap pemerintah-pemerintah, atau bertentangan dengan keputusan Dewan Keamanan PBB.

Clinton, yang juga telah memimpin kampanye Boikot Diamonds Israel di Irlandia, mengatakan, "Ketika seseorang membeli berlian dari Israel maka mereka membantu untuk mendanai kejahatan perang dan pelanggaran HAM lainnya di Palestina."

Anggota Kampanye Solidaritas Palestina di Irlandia itu juga menuduh beberapa LSM dan kelompok-kelompok yang terlibat dalam perdagangan berlian Israel, dan menunjukkan bahwa bisnis tersebut tak tertandingi.

Aktivis hak-hak sipil itu juga mengumumkan rencana untuk meningkatkan kesadaran publik di Gardens London Hatton - salah satu pusat perdagangan berlian dunia.(milyas/presstv)

http://knrp.or.id/berita/aktual/aktivis-serukan-boikot-berlian-darah-israel.htm

No comments:

Post a Comment