Search This Blog

Thursday, September 8, 2011

Surat untuk Sekjen PBB Ban Ki-Moon dari Warga Palestina

Kamis, 08/09/2011 23:04 WIB

Warga Palestina mulai berkampanye untuk mendukung langkah Otorita Palestina di PBB. Kampanye yang bertajuk "Kampanye Nasional untuk Palestina: negara anggota ke-194" menandai upaya Otorita Palestina untuk menyerahkan permohonan resmi untuk menjadi anggota penuh PBB dalam Sidang Umum PBB tanggal 20 September mendatang.
Permohonan itu menjadi simbol bagi pengakuan resmi PBB terhadap berdirinya negara Palestina, yang selama ini hanya berstatus otorita.

Kampanye untuk mendukung langkah Palestina di PBB itu, juga diikuti oleh sejumlah aktivis internasional sebagai bentuk solidaritas mereka. Warga Palestina bersama para aktivis melakukan aksi jalan kaki ke kantor PBB di Ramallah, Tepi Barat. Sesampainya di depan kantor PBB, mereka menyerahkan surat yang ditujukan pada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon agar mendukung langkah Palestina.

"Hari ini kami memulai kampanye kami dan kami memilih gedung PBB karena gedung itu mewakili organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Kami berharap PBB memenuhi tuntutan kami," kata Ahmed Assaf, kordinator kampanye.

"Kami (Palestina) sama pentingnya dengan 193 negara lainnya yang menjadi anggota PBB, dan pesan kami adalah meminta negara Palestina menjadi negara (anggota PBB) yang ke-194," tukasnya. Ia juga menegaskan akan terus melakukan kampanye sampai negara Palestina diakui sebagai anggota PBB ke-194.

Surat yang ditujukan untuk Sekjen PBB diserahkan oleh Latifa Abu Hamid, seorang perempuan Palestina berusia 60 tahun dari kamp pengungsi Amari dekat kota Ramallah. Latifa juga seorang ibu dari delapan anak--semuanya anak lelaki--yang pernah mendekam di penjara Israel. Putra kedelapan Latifa, dibunuh oleh tentara Zionis.

"Saya membawa pesan ini untuk PBB, untuk mengatakan bahwa kami berhak memiliki negara sendiri seperti bangsa lainnya di dunia, dan kami berhak untuk mengakhiri penjajahan Israel," ujar Latifa.
Dalam surat itu tertulis agar Ban Ki-moon menegakkan keadilan dan memberikan hak rakyat Palestina. "Pengakuan negara Palestina oleh PBB merupakan langkah penting untuk mengakhiri penjajahan (Israel) dan meraih kemerdekaan rakyat Palestina, serta untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian yang komprehensif di kawasan Timur Tengah," demikian isi surat tersebut, yang diterima oleh Kepala Kantor PBB di Ramallah, Pascal Soto. Ia menyatakan akan menyerahkan surat itu pada Ban Ki-moon

Dalam kampanye tersebut, sekira 100 orang yang ikut aksi jalan kaki ke kantor perwakilan PBB, melambai-lambaikan bendera Palestina dan membawa spanduk-spanduk antara lain bertuliskan "Kami menginginkan negara ke-194 Palestina di PBB."

Mereka juga meneriakan slogan-slogan dukungan "Kami menginginkan identitas kami, kami menginginkan sebuah negara", dan menyerukan agar negara-negara Arab memberikan dukungan penuhnya dalam Sidang Umum PBB nanti.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menggelar pertemuan dengan sejumlah perwakilan dari Komite Sentral Fatah, Komite Eksekutif PLO dan perwakilan dari berbagai faksi politik di Palestina.

Pertemuan membahas secara detil persiapan dalam Sidang Umum PBB pada 20 September mendatang. (aisyah/mn)
 
http://knrp.or.id/berita/aktual/surat-untuk-sekjen-pbb-ban-ki-moon-dari-warga-palestina.htm

No comments:

Post a Comment