Search This Blog

Thursday, August 18, 2011

Pendukung Gilad Shalit Cegat Bis-Bis Rombongan Warga Palestina

Senin, 15/08/2011 22:40 WIB

Belasan orang Israel pembela Gilad Shalit mencegat sebuah bis yang membawa rombongan anggota keluarga warga Palestina yang ditahan di penjara Israel pada Senin (15/8). Rombongan itu berencana menjenguk keluarga mereka yang ditahan Israel di penjara Ramon.

Umi Muhannad, seorang ibu Palestina yang ikut dalam rombongan bis itu mengungkapkan, bis mereka tidak bisa lewat karena dihalang-halangi oleh belasan orang Israel, yang kemudian mengambil alih bis tersebut.

Menurut Umi Muhannad, orang-orang Israel yang melakukan pencegatan mengatakan bahwa kunjungan terhadap para tahanan Palestina di penjara Israel merupakan tindakan ilegal sepanjang Gilad Shalit tidak boleh dikunjungi. Gilad Shalit adalah prajurit Israel yang tertangkap dan ditawan para pejuang Palestina di Gaza pada tahun 2006 hingga sekarang.

Lebih lanjut Umi Muhannad mengatakan bahwa polisi Israel tiba di lokasi kejadian untuk mencegah bentrokan fisik antara pembela Shalit dengan rombongan keluarga Palestina. Tidak korban dalam insiden ini.

Pada saat yang sama, sekitar 20 orang Israel pembela Shalit juga memblokade sebuah bis yang membawa rombongan warga Palestina, yang akan mengunjungi kerabat mereka yang ditahan Israel di penjara Nafha.

Situs berita Israel Ynet melaporkan, diantara 20 orang Israel yang memblokade bis warga Palestina itu adalah tentara-tentara cadangan Israel. Mereka mencegat bis dan menggantungkan sebuah spanduk di badan bis bertuliskan "Siapa yang mengunjungi Shalit?"

Mereka menghalang-halangi bis agar tidak bisa masuk ke halaman parkir penjara sambil meneriakkan kata-kata "Tak ada kunjungan buat Shalit, itu artinya tidak ada kunjungan buat kalian."

Sejak tahun 2007, otorita Israel melarang kunjungan keluarga bagi tahanan yang berasal dari Gaza. Data Palang Merah Internasional menyebutkan, dalam kurun waktu empat tahun belakangan ini, lebih dari 700 keluarga asal Gaza yang dilarang menjenguk kerabat mereka yang ditawan di penjara-penjara Israel.

Data terakhir Otorita Palestina menyebutkan, jumlah warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel mencapai 6.000 orang, termasuk diantaranya 219 orang yang ditahan di penjara administratif tanpa dikenai dakwaan hukum. (aisyah/Mn)
 
http://knrp.or.id/berita/aktual/pendukung-gilad-shalit-cegat-bis-bis-rombongan-warga-palestina.htm

No comments:

Post a Comment